Dinas Kesehatan Gelar Pelatihan Manajemen Puskesmas

  • Admin Dinkes Paser
  • 19 January 2023
  • 41 Views
Dinas Kesehatan Gelar Pelatihan Manajemen Puskesmas

Tana Paser , 19 Januari  2023 – Dinas Kesehatan Kabupaten Paser bekerjasama dengan Bapelkes Propinsi Kalimatan Timur  menggelar Pelatihan Manajemen Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya sub sistem upaya kesehatan. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) tentunya tidak dapat dilepaskan dari peran Puskesmas sebagai salah satu Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang merupakan garda terdepan dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam rangka mewujudkan Paser sehat dengan salah satu ciri yaitu masyarakat mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu. Oleh karenanya perlu untuk memperbaiki tata kelola Puskesmas baik meliputi sumber daya yang digunakan, proses pelayanan dan kinerja tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser dr. I Dewa Made Sudarsana, M.AP membuka kegiatan Pelatihan MP ini secara resmi. Yang berlangsung di Hotel Kryiad Tanah Grogot dari tanggal 19 Januari 2023 sampai dengan 31 Januari 2023. Kegiataan ini di ikuti oleh kepala UPTD  Puskesmas dan KA TU Puskesmas sekabupaten Paser yang berjumlah 30 Orang. Dimana kegiatan ini bekerjasama dengan UPTD Bapelkes Propinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya dr Dewa  menyampaikan  “Puskesmas sebagai tulang punggung penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di wilayah kerjanya berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal.”

 “Oleh karenanya untuk mendukung kerja puskesmas diperlukan peningkatan kompetensi SDM melalui Pelatihan Manajemen Puskesmas, dengan tujuan agar puskesmas mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya” Tambah beliau.

Pengelolaan Puskesmas yang baik, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya. Pengelola Puskesmas yang terdiri dari kepala Puskesmas dan staf fungsional perlu mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas agar mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan serta tata kelola pelayanan kesehatan dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Harapan dari diselanggarakan kegiatan ini adalah terciptanya Aparatur Kesehatan yang memiliki kompetensi memadai sehingga berkontribusi banyak terhadap peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan terutama di wilayah Kabupaten Paser serta , mampu menjalankan tugas sebagai pelaksana manajemen pelayanan kesehatan dengan pendekatan keluarga di Puskesmas masing-masing.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment