Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio: Lindungi Anak-Anak dari Ancaman Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio: Lindungi Anak-Anak dari Ancaman Polio

Penyakit polio muncul kembali! Lindungi anak-anak usia 0 sampai 7 tahun dengan dua kali pemberian tetes manis polio.

Polio, penyakit yang sempat hilang dari peredaran, kini kembali mengancam kesehatan anak-anak. Untuk menanggulangi penyebaran penyakit ini, pemerintah mengadakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Kampanye ini bertujuan untuk melindungi anak-anak berusia 0 sampai 7 tahun dengan pemberian dua dosis tetes polio secara gratis.

Jadwal Pemberian Tetes Polio:

Putaran 1 / Dosis 1:
- Tanggal: 23 s/d 29 Juli 2024
- Sweeping: 30 Juli s/d 03 Agustus 2024

Putaran 2 / Dosis 2:
- Tanggal: 06 s/d 12 Agustus 2024
- Sweeping: 13 s/d 17 Agustus 2024

Penting untuk dicatat bahwa interval antara Dosis 1 dan Dosis 2 minimal adalah 2 minggu dan maksimal 4 minggu. Hal ini sesuai dengan Surat Ditjen P2P No. IM.02.03/IV/1586/2024 yang diterbitkan pada 29 Mei 2024.

Lokasi Pemberian Tetes Polio Gratis:
- Posyandu
- Puskesmas
- Sekolah
- Pos pelayanan imunisasi terdekat

Mulai tanggal 23 Juli 2024, orang tua bisa membawa anak-anak mereka ke salah satu lokasi tersebut untuk mendapatkan tetes polio gratis. Dengan mengikuti program ini, kita bisa bersama-sama melindungi generasi masa depan dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

Kenapa Polio Perlu Diwaspadai?
Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan dalam hitungan jam. Anak-anak di bawah usia 5 tahun sangat rentan terhadap penyakit ini. Karena itu, imunisasi adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus polio.

Mari kita sukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 dan pastikan semua anak Indonesia terlindungi dari ancaman polio. Ajak seluruh keluarga dan tetangga untuk ikut serta dalam program imunisasi ini demi kesehatan dan masa depan anak-anak kita.

Ingat tanggal-tanggal pentingnya dan pastikan anak-anak mendapatkan tetes manis polio di waktu yang telah ditentukan.

#dinkespaser
#pasermas

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment