Pelatihan Tatalaksana Penanganan Gigitan dan Sengatan Hewan Berbisa serta Keracunan Tumbuhan dan Jamur 

Pelatihan Tatalaksana Penanganan Gigitan dan Sengatan Hewan Berbisa serta Keracunan Tumbuhan dan Jamur 

Paser, 25 Juni 2024 - Dinas Kesehatan Kabupaten Paser menggelar pelatihan mengenai tatalaksana penanganan gigitan dan sengatan hewan berbisa serta keracunan tumbuhan dan jamur. Acara yang diadakan pada tanggal 25 Juni 2024 ini menghadirkan narasumber ahli Toksinologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Tri Maharani, M.Si. Sp.EM, dan PJ PAGHB-TB Dinkes Provinsi Kalimantan Timur, Wahnadita Rahman, SKM.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga medis dalam menangani kasus gigitan dan sengatan hewan berbisa, serta keracunan yang disebabkan oleh tumbuhan dan jamur beracun. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai tenaga kesehatan dari berbagai fasilitas kesehatan di Kabupaten Paser.

Prof. Dr. dr. Tri Maharani, M.Si. Sp.EM, yang dikenal luas sebagai ahli toksinologi, memberikan materi komprehensif mengenai identifikasi jenis-jenis hewan berbisa, tanda-tanda klinis gigitan dan sengatan, serta langkah-langkah penanganan medis yang tepat. Beliau juga menekankan pentingnya pemahaman mengenai toksinologi untuk mengurangi risiko fatalitas akibat gigitan dan sengatan.

Sementara itu, Wahnadita Rahman, SKM, menjelaskan tentang keracunan yang disebabkan oleh tumbuhan dan jamur beracun. Beliau menyampaikan metode identifikasi tumbuhan dan jamur beracun yang umum ditemukan di wilayah Kalimantan Timur, gejala keracunan yang harus diwaspadai, serta protokol penanganan yang efektif.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tenaga medis dalam menangani kasus gigitan dan sengatan hewan berbisa serta keracunan tumbuhan dan jamur, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan mengurangi risiko komplikasi yang berbahaya.

#dinkespaser

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment